top of page
  • Writer's pictureMegacon Beton

Supplier Pipa Drainase Batu ☎0819 3299 8507

Drainase adalah sebuah sistem yang menyalurkan air hujan dari daerah yang curam ke tempat yang lebih rendah, sehingga air tersebut tidak menumpuk dan menimbulkan banjir. Drainase ini sangat berguna bagi negara kita, karena dapat mengurangi resiko terjadinya banjir. Selain itu, drainase juga dapat menyaring air sebelum masuk ke lingkungan sekitar. Oleh karena itu, drainase perlu dibuat dengan baik agar dapat bekerja dengan sempurna dan dapat bertahan lama.


Definisi Pipa drainase Batu

Sistem drainase berfungsi untuk mengalirkan air dengan lancar sehingga air tidak menumpuk. Drainase dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu drainase perkotaan dan drainase pedesaan. Umumnya drainase pedesaan dipakai dalam mengalirkan air limbah dan air hujan, sedangkan drainase perkotaan dipakai dalam mengalirkan air limbah domestik dan air hujan.

Sebuah sistem yang terdiri dari sejumlah pipa dan seluran yang menyalurkan air dari suatu tempat tertentu, contohnya seperti pada suatu gedung atau suatu kota menuju ke tempat pembuangan air disebut dengan Pipa drainase Batu. Sistem ini pada umumnya terdiri dari sejumlah komponen seperti pompa, septictank, dan masih banyak lagi. Drainase adalah sistem penyedotan air yang berlebihan dari daerah yang ditutupi tanah, seperti daerah yang ditutupi bahan impermeabel seperti beton. Sistem drainase yang sering digunakan adalah sekitar rumah atau di bawah jalan raya, untuk mencegah banjir. Pipa drainase Batu harus dirancang dengan baik agar dapat bekerja dengan efisien.

Artikel Bau-bau Berikutnya: Supplier Pipa Drainase Bau-bau

Apa saja fungsi dan kegunaan Pipa drainase Batu ?

Pipa drainase Batu biasa disebut sebagai pipa saluran air, dimana memiliki arti yaitu sebuah pipa yang fungsinya untuk mengalirkan air dengan tekanan sedang ataupun rendah. Umumnya Pipa drainase Batu dipakai untuk mengalirkan air dari sebuah rumah ataupun kebun. Pipa drainase Batu banyak digunakan untuk saluran air di sebuah perkampungan. Berikut ini adalah 5 penggunaan Pipa drainase Batu dengan fungsi drainase dan penjelasannya..

- Agar melindungi rumah jika terjadi banjir

Pipa drainase Batu yang pertama digunakan untuk melindungi sebuah rumah dari banjir. Pipa drainase Batu ini bisa dipakai sebagai menyalurkan air banjir, agar air tersebut tidak akan bisa masuk kedalam rumah. Daerah dengan curah hujan yang tinggi, pada umumnya menggunakan Pipa drainase Batu. Pipa drainase Batu pun bisa digunakan untuk rumah-rumah yang berada di daerah dengan topografi datar.

– Untuk menyalurkan air dari sebuah septic tank

Pipa drainase Batu kedua digunakan untuk menyalurkan air dari septic tank. Pipa drainase Batu ini dapat digunakan tidak lain yaitu untuk menyalurkan air dari septic tank menuju ke saluran air di luar septic tank. Pipa drainase Batu yang umum digunakan untuk septic tank biasanya ada di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Pipa drainase Batu ini juga bisa digunakan untuk sebuah septic tank yang berada di daerah dengan topografi datar..

- Untuk menghindari rumah dari tanah longsor

Pipa drainase Batu ketiga dirancang untuk melindungi sebuah rumah dari bahaya tanah longsor. Untuk daerah yang memiliki curah hujan yang relatif tinggi, dengan menggunakan Pipa drainase Batu maka akan dialirkan airnya oleh sistem saluran drainase. Pipa drainase Batu ini juga sering digunakan untuk sebuah rumah di daerah dengan topografi datar.

– Bisa menyalurkan air dari suatu kolam

Pipa drainase Batu yang keempat adalah untuk mengalirkan air dari sebuah kolam ke tempat lain. Pipa drainase Batu bisa dipakai untuk mengalirkan air dari sebuah kolam ke saluran air di luar kolam. Pipa drainase Batu yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi biasanya digunakan untuk sebuah kolam. Pipa drainase Batu ini juga bisa digunakan untuk sebuah kolam yang berada di daerah dengan topografi datar..

– Bisa menyalurkan air dari suatu sungai

Pipa drainase Batu terakhir digunakan untuk menyalurkan air dari sebuah sungai. Ini adalah Pipa drainase Batu yang dapat menyalurkan air dari sebuah sungai ke saluran air di luar sungai. Pipa drainase Batu digunakan pada sungai-sungai di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Sungai-sungai yang berada di daerah dengan topografi datar dapat menggunakan Pipa drainase Batu.

Pipa drainase Batu ini biasanya diproduksi dari bahan-bahan seperti PVC, HDPE, dan lain sebagainya. Pipa drainase Batu tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang berdiameter kecil, sedang, hingga besar. Pipa drainase Batu terbuat dari berbagai macam material seperti baja, beton, dan sebagainya.


Bagaimana analisa instalasi Pipa drainase Batu ?

Pipa drainase Batu yang benar-benar dipasang akan dapat berfungsi secara optimal. Jika tidak, air atau limbah cair dapat tertahan di dalamnya dan menyebabkan masalah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan Pipa drainase Batu, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Sumber Artikel : Jual Pipa Drainase Batu/

1. Pipa drainase Batu harus dibuat dari material yang kuat dan tahan lama..

2. Pipa drainase Batu wajib dibuat dengan ukuran yang sesuai kebutuhan.

3. Pipa drainase Batu harus dipasang dengan benar agar dapat berfungsi secara optimal..

4. Pipa drainase Batu harus dibersihkan secara rutin agar tidak menjadi tempat penampungan air yang kotor. Apabila tidak, akan menyebabkan masalah.

0 views0 comments
bottom of page