top of page
  • Writer's pictureMegacon Beton

Supplier Pipa Drainase Yogyakarta ☎0819 3299 8507

Drainase atau dalam bahasa inggris disebut dengan drainage. Merupakan sistem pada saluran yang khusus menyalurkan air hujan dari daerah yang curam ke tempat yang lebih rendah. Sehingga tidak menimbulkan penumpukan dan menimbulkan banjir. Pipa drainase Yogyakarta ini harus dibuat dengan benar-benar baik agar ia dapat bekerja secara sempurna juga dapat bertahan lama.


Pengertian Pipa drainase Yogyakarta

Sistem drainase berfungsi untuk mengalirkan air dengan lancar sehingga air tidak menumpuk. Drainase terbagi menjadi dua jenis, yakni drainase perkotaan dan juga drainase pedesaan. Umumnya drainase pedesaan dipakai dalam mengalirkan air limbah dan air hujan, sedangkan drainase perkotaan dipakai dalam mengalirkan air limbah domestik dan air hujan.

Pipa drainase Yogyakarta adalah sebuah sistem yang terdiri dari sejumlah pipa dan saluran yang menyalurkan air dari tempat-tempat tertentu, seperti dari sebuah gedung atau sebuah kota, ke tempat pembuangan air. Sistem pada pipa ini pada umumnya terdiri dari sejumlah komponen, seperti pompa, septictank, dan lain sebagainya. Drainase adalah sistem penyedotan air yang berlebihan dari daerah yang ditutupi tanah, seperti daerah yang ditutupi bahan impermeabel seperti beton. Sistem drainase yang sering digunakan adalah sekitar rumah atau di bawah jalan raya, untuk mencegah banjir. Pipa drainase Yogyakarta harus dirancang dengan baik agar dapat bekerja dengan efisien.

Artikel Ambon Berikutnya: Supplier Pipa Drainase Ambon

Apa saja fungsi dan kegunaan Pipa drainase Yogyakarta ?

Pipa drainase Yogyakarta biasa disebut sebagai pipa saluran air, dimana memiliki arti yaitu sebuah pipa yang fungsinya untuk mengalirkan air dengan tekanan sedang ataupun rendah. Pipa drainase Yogyakarta ini umumnya dipakai untuk mengalirkan air dari sebuah rumah ataupun kebun. Pipa drainase Yogyakarta dapat digunakan untuk mengalirkan air di sebuah perkampungan atau daerah dengan topografi yang curam. Berikut ini adalah 5 penggunaan Pipa drainase Yogyakarta dengan fungsi drainase dan penjelasannya..

- Agar melindungi rumah jika terjadi banjir

Pipa drainase Yogyakarta adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melindungi sebuah rumah dari banjir. Pipa drainase Yogyakarta dapat digunakan untuk mengalirkan air banjir sehingga tidak akan mudah untuk masuk ke dalam rumah. Pipa drainase Yogyakarta ini biasanya digunakan untuk sebuah rumah yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Pipa drainase Yogyakarta ini pun dapat digunakan untuk sebuah rumah yang berada di daerah dengan topografi rata.

– Untuk menyalurkan air dari sebuah septic tank

Pipa drainase Yogyakarta yang kedua yaitu untuk menyalurkan air dari sebuah septic tank. Pipa drainase Yogyakarta ini dapat digunakan tidak lain yaitu untuk menyalurkan air dari septic tank menuju ke saluran air di luar septic tank. Septic tank yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi membutuhkan Pipa drainase Yogyakarta agar tidak tersumbat. Pipa drainase Yogyakarta ini juga bisa digunakan untuk sebuah septic tank yang berada di daerah dengan topografi datar..

- Untuk menghindari rumah dari tanah longsor

Pipa drainase Yogyakarta ketiga bertujuan untuk melindungi sebuah rumah dari ancaman tanah longsor. Pipa drainase Yogyakarta ini sangat cocok untuk mengalirkan air dari sebuah rumah yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Pipa drainase Yogyakarta ini juga cocok digunakan untuk sebuah rumah yang berada di daerah dengan topografi rata.

– Penyalur air dari sebuah kolam

Pipa drainase Yogyakarta yang keempat yaitu untuk mengalirkan air dari sebuah kolam. Pipa drainase Yogyakarta ini dapat digunakan sebagai aliran air dari sebuah kolam ke saluran air di luar kolam. Pipa drainase Yogyakarta digunakan untuk mengurangi tekanan air di sebuah kolam yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Pipa drainase Yogyakarta dapat digunakan untuk sebuah kolam, drainase ini juga bisa berada di daerah dengan topografi rata..

– Untuk menyalurkan air dari sebuah sungai

Pipa drainase Yogyakarta terakhir bertujuan untuk menyalurkan air dari sebuah sungai. Pipa drainase Yogyakarta dapat digunakan untuk menyalurkan air dari sebuah sungai ke saluran air di luar sungai. Pipa drainase Yogyakarta sering digunakan untuk sungai di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Pipa drainase Yogyakarta sangat cocok untuk digunakan pada sungai-sungai di daerah dengan topografi datar.

Biasanya, Pipa drainase Yogyakarta dibuat dari PVC, HDPE, dan lain sebagainya. Berbagai ukuran Pipa drainase Yogyakarta tersedia, mulai dari yang berdiameter 300, 400, 500, dan lain sebagainya. Pipa drainase Yogyakarta umumnya dibuat dari baja, beton, dan sebagainya.


Analisa Instalasi Pipa drainase Yogyakarta

Pipa drainase Yogyakarta harus selalu dipasang dengan benar agar tidak menimbulkan masalah. Jika tidak, air atau limbah cair dapat tertahan di dalamnya dan menyebabkan masalah. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan Pipa drainase Yogyakarta.

1. Pipa drainase Yogyakarta harus dibuat dari material yang kuat dan tahan lama..

2. Pipa drainase Yogyakarta harus dibuat dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan..

3. Pipa drainase Yogyakarta harus dipasang dengan benar agar dapat bekerja secara sempurna.

4. Rutin mencuci Pipa drainase Yogyakarta akan mencegah air kotor menumpuk di dalamnya. Jika tidak, pasti akan terjadi masalah dikemudian hari.

2 views0 comments
bottom of page