top of page
Search
  • Writer's pictureMegacon Beton

Jual Pipa Beton Bertulang Bima 0819 3299 8507

Pengertian Pipa beton RCP (Reinforce Concrete Pipe) atau sering disebut juga dengan Pipa Beton Bertulang adalah pipa berbentuk silinder memanjang di tengahnya yang berlubang terbuat dari pasir, bubuk batu dan semen dimana pada ujung komponen terdapat sambungan (kepala) yang berguna sebagai sambungan pipa lainnya.





Mengenal Pipa Beton Bertulang (RCP)

Seperti halnya beton lain buatan pabrik atau beton pracetak, pipa beton bertulang (RCP) juga memiliki kualitas yang bisa dikontrol. Inilah beton yang berbentuk pipa yang bisa dibuat dalam berbagai ukuran. Panjang maupun diameternya sangat beragam sesuai dengan kebutuhan proyek yang ada.

Jenis pipa beton paling umum ada 2. Yaitu pipa beton bertulang dan pipa beton tanpa tulangan. Untuk pemakaian yang lebih kuat dan bisa menahan beban lebih besar, maka pipa beton bertulang (RCP) lebih banyak direkomendasikan untuk dipakai.

Pipa beton Bima dengan tulangan memiliki tekanan beton yang sangat tinggi dan dapat menahan heavy weight. Mutu beton sudah disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan. Maka perlu pemesanan beton dengan spesifikasi khusus untuk proyek tertentu.

Pembuatannya cukup rumit, dengan beberapa teknik yang bisa digunakan, seperti: high vibration vertical cast, wet sinning, packer head, dan roller suspension.

Berbeda dengan buis beton, secara fungsi memang sama sebagai gorong-gorong akan tetapi secara kualitas jauh berbeda, buis beton terkesan lebih ringkih ketimbang dengan RCP Pipa Beton


Keunggulan Pipa beton RCP

Secara lebih khusus, di sini akan dibahas mengenai keunggulan dari pipa beton Bima. Hal ini dikarenakan, pipa dari bahan beton memiliki banyak keunikan. Yang pertama adalah bahannya lebih kompleks untuk menghasilkan tekstur keras seperti batu. Bahan yang dipakai adalah agregat, semen, air dan bahan tambah jika dibutuhkan.

Pembuatan dari pengawasan dan kontrol ketat bisa menghasilkan beton pipa yang berkualitas pula. Dari semua proses dan pilihan bahannya maka akan dihasilkan keunggulan dari pemakaian jenis beton ini, seperti :

  1. Kemudahan pemasangan dengan sambungan yang disediakan

  2. Tersedia dalam jumlah banyak di pabrik beton yang siap diangkut ke lokasi konstruksi

  3. Kemampuan beradaptasi terhadap kondisi, termasuk kondisi tanah di sekitarnya

  4. Kesesuaian dengan standar sesuai SNI untuk hasil beton dengan durabiliats tinggi

Selain keunggulan si atas, masih banyak alasan lain kenapa pipa beton RCP banyak diaplikasikan. Beton telah digunakan untuk waktu yang sangat lama dan memiliki karakteristik yang terbukti. Sedangkan pipa plastik adalah material yang relatif baru dan untuk kinerja jangka panjang masih banyak diperhitungkan kembali.

RCP, ditujukan untuk lokasi dengan kekuatan struktural penuh. Instalasinya juga mudah dengan tenaga kerja dan juga alat khusus. Pipa plastik pun juga dipasang dan disambungkan di lokasi konstruksi.




Pipa Beton RCP Untuk Saluran Air

Konstruksi pipa dan saluran bawah tanah telah ada sejak lama dan merupakan salah satu bentuk konstruksi teknik sipil yang paling awal.

Saat ini, teknologi baru membuat pipa beton lebih andal daripada sebelumnya. Dengan pengembangan banyak aspek pipa beton telah memungkinkan produsen pipa beton untuk menerapkan campuran beton dan desain pipa untuk menyediakan produk yang dapat bertahan. Bahkan beton bisa bertahan dengan lingkungan bawah tanah dan profil limbah.

Untuk konstruksi masa kini, pipa drainase dibangun dengan pipa beton bertulang baja Bima yang pemeliharaannya rendah dan bisa bertahan sangat lama. Maka dari itulah pengguna pipa beton RCP sering kali lebih dipertimbangkan daripada pipa plastik. Meskipun demikian, ada banya faktor dalam memilihnya, seperti yang disebutkan di atas. Untuk konstruksi tertentu, bisa jadi pipa plastik lebih baik dibandingkan dengan pipa beton. Begitu juga sebaliknya.

Demikian infromasi mengenai penawaran harga pipa beton RCP atau beton bertulang Bima, untuk lebih clear mengenai penawaran harga dari kami ini, silakan hubungi kami pada layanan kontak yang telah kami sediakan




Cara Memasang Pipa Beton Bertulang (RCP)

Pipa beton bertulang Bima atau RCP,digunakan dalam sistem saluran pembuangan dan sistem saluran air. Pemasangan pipa-pipa ini cukup menantang karena bobotnya yang berat dan membutuhkan alat berat untuk memindahkan dan menempatkannya..

Untuk memasangnya, maka pipa beton bertulang harus dikelola dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan. RCP tidak boleh diseret menuju situs. Dianjurkan agar memindahkan pipa menggunakan sling yang dapat menopang berat pipa, dan diseimbangkan secara tepat di sling.

Setelah pipa berhasil di tempatkan pada lokasi yang diinginkan, maka saatnya melakukan beberapa langkah berikut ini :

  1. Tahap penggalian Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan parit disiapkan untuk menampung setidaknya dua pipa. Langkah ini bermanfaat untuk memastikan bahwa pemasangan akan memenuhi kemiringan yang diperlukan. Setelah RCP dipasang, maka periksa level garis. Ingat bahwa parit yang dibuat harus cukup lebar sehingga memungkinkan pekerja memasang pipa dengan aman.

  2. Mempersiapkan permukaan sambungan pipa RCP Sebelum meletakkan pipa RCP, maka harus membersihkan semua kotoran dengan hati-hati terutama pada permukaan sambungan. Caranya bisa dengan menggunakan kuas atau sarung tangan.

  3. Pengisian kembali lubang Bahan pengisi ulang harus ditempatkan dengan hati-hati di sepanjang pipa dan dipadatkan dengan seksama. Bahan pengisi ulang harus ditempatkan secara merata pada kedua sisi pipa dan isi parit hingga satu kaki di atas bagian atas pipa.

Bahan tidak boleh dibuldoser ke parit atau dijatuhkan langsung di atas pipa. Ingat pula untuk tidak menggunakan bahan timbunan berupa batu-batu besar karena ketika dipadatkan dapat merusak pipa RCP yang telah dipasang.



Penggunaan Pipa RCP secara Umum

Pipa yang terbuat dari beton ini digunakan secara umum dalam semua proyek. Khususnya adalah bagi proyek konstruksi yang membutuhkan saluran air, limbah, drainase atau kabel telekomunikasi.

Adanya pipa beton bisa memberikan kekuatan dan perlindungan dari saluran gorong-gorong ini. Pipa beton pracetak bertulang digunakan terutama di kota, perusahaan telekomunikasi, dan utilitas lainnya.

Yang tak kalah penting, pipa beton Bima digunakan pula sebagai pipa sanitasi yang merupakan saluran utama semua sistem air limbah. Pipa ini digunakan untuk membawa air limbah dari bangunan komersial, ritel, industri, dan perumahan.

Menggunakan pipa pracetak adalah cara mudah untuk mempercepat pengerjaan proyek konstruksi apa pun. Jadi, tak heran bahwa di setiap proyek, material ini selalu dibutuhkan karena penggunaanya sangatlah luas.

Untuk Info Lengkap Silahkan Hubungi Kami

Email:

Kantor Pemasaran

Sinpasa Commercial Blok C , 15 Summarecon, Marga Mulya, Bekasi Utara, Jawa Barat 17143

Website Kami

1 view0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page